Resep Lezat Risotto Gurita yang Creamy dan Mengenyangkan

By. Nevanda - 25 Aug 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id Risotto Gurita adalah hidangan yang memadukan daging gurita yang empuk dan beraroma dengan risotto yang lembut. Risotto adalah hidangan nasi Italia yang dikenal dengan konsistensi krimnya, dibuat dengan menambahkan cairan secara bertahap ke dalam nasi sambil terus diaduk.


Gurita biasanya dimasak secara terpisah sebelum ditambahkan ke dalam risotto. Gurita dapat direbus atau dipanggang untuk mendapatkan kelembutan dagingnya, karena gurita dapat menjadi sangat keras jika tidak dipersiapkan dengan benar. Gurita yang sudah matang kemudian dipotong kecil-kecil dan diaduk ke dalam risotto menjelang akhir proses memasak.


Berikut adalah resep dasar untuk membuat risotto gurita:

 

Baca juga: Resep Pizza Sarden yang Harus Kalian Coba

 

Bahan-bahan:

  • 1 gurita berukuran sedang (sekitar 1-1,5 kilogram), bersihkan dan pisahkan tentakelnya
  • 1 ½ cup beras Arborio
  • 4 cup kaldu ayam atau makanan laut
  • 1 cup anggur putih kering atau dapat diganti dengan kaldu ayam
  • 1 bawang bombay kecil, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 cup keju Parmesan parut
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan peterseli segar cincang
  • Garam dan merica secukupnya

 

Baca juga: Menyulap Kulit Ikan Menjadi Keripik yang Renyah

 

Petunjuk:

  1. Bersihkan gurita secara menyeluruh dengan membuang paruh (mulut) dari bagian tengah tentakel, serta kantung tinta dan bagian dalam lainnya. Bilas dengan baik di bawah air dingin.
  2. Anda dapat melunakkan gurita dengan membekukannya selama beberapa jam lalu mencairkannya sebelum dimasak. Cara lainnya, Anda dapat menumbuk tentakel dengan lembut menggunakan palu daging untuk membantu memecah serat yang keras.
  3. Dalam panci besar berisi air mendidih, rebus gurita selama sekitar 5 menit untuk membantu mengempukkannya. Anda akan melihat tentakelnya menggulung.
  4. Angkat gurita dari air mendidih dan biarkan agak dingin. Kemudian, potong-potong menjadi ukuran sekali gigit.
  5. Di panci terpisah, panaskan minyak zaitun dan 1 sendok makan mentega dengan api sedang. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih cincang, lalu tumis hingga bawang bombay menjadi layu.
  6. Tambahkan beras Arborio ke dalam panci dan panggang selama beberapa menit, aduk terus hingga bagian pinggirnya menjadi sedikit bening.
  7. Tuang anggur putih atau kaldu dan masak sambil diaduk hingga sebagian besar cairan kaldu terserap oleh nasi.
  8. Mulailah menambahkan kaldu ayam atau seafood hangat ke dalam nasi, sekitar satu sendok sayur penuh setiap kali penambahan. Aduk terus menerus dan biarkan cairan terserap sebelum menambahkan kaldu lagi. Proses bertahap ini membantu melepaskan pati dari nasi, sehingga memberikan tekstur yang lembut pada risotto.
  9. Setelah nasi hampir matang (al dente), tambahkan potongan daging gurita ke dalam risotto dan lanjutkan menambahkan kaldu dan aduk hingga gurita matang dan nasi matang sesuai dengan tingkat kekentalan yang Anda inginkan. Ini akan memakan waktu sekitar 18-20 menit.
  10. Masukkan sisa sendok makan mentega dan parutan keju Parmesan. Ini akan membuat risotto menjadi lebih lembut.
  11. Bumbui dengan garam dan merica sesuai selera.
  12. Taburkan peterseli segar cincang di atasnya untuk menambah warna dan rasa.
  13. Sajikan risotto gurita segera selagi masih panas. Anda dapat menghiasnya dengan tambahan keju Parmesan dan peterseli jika diinginkan.

 

Selamat menikmati risotto gurita buatan Anda!

 

Baca juga: Mengungkap Potensi Bahaya Konsumsi Ikan Mentah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp