Dampak Buruk Akrilamida dalam Gorengan

By. Amelia Ayu Andini - 20 Sep 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Konsumsi gorengan mungkin terdengar nikmat, tapi hati-hati lhoo, konsumsi gorengan yang berlebih atau yang dimasak dalam minyak yang sudah hitam bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Gorengan bisa saja sudah tercemar oleh senyawa akrliamida.

Akrilamida adalah senyawa kimia yang dapat terbentuk saat makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang atau tepung digoreng pada suhu tinggi. Makanan gorengan pinggir jalan dapat mengandung tingkat akrilamida yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang diproses dengan metode memasak lainnya. Konsumsi gorengan yang mengandung senyawa akrilamida bisa berdampak buruk pada kesehatan.

 

Bahaya akrilamida di gorengan antara lain

1. Karsinogenik: Paparan berkepanjangan atau berlebihan terhadap akrilamida dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

2. Dampak pada Sistem Saraf: Paparan akrilamida dapat berpotensi mempengaruhi sistem saraf, menyebabkan gangguan pada koordinasi gerakan, kelemahan otot, dan gejala neurologis lainnya.

3. Gangguan Reproduksi: Akrilamida dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan berpotensi menyebabkan masalah pada perkembangan embrio dan janin.

4. Pengaruh pada Sistem Pencernaan: Akrilamida dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan usus.

5. Potensi Dampak pada Kesehatan Anak-Anak: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan akrilamida selama masa perkembangan anak-anak dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mereka.

Penting untuk diingat bahwa bahaya akrilamida tergantung pada tingkat dan durasi paparan. Meskipun demikian, mengonsumsi gorengan pinggir jalan secara berlebihan atau terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena akrilamida.

Untuk mengurangi paparan akrilamida, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Makan gorengan pinggir jalan secara terbatas dan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

2. Cobalah untuk mencari alternatif makanan atau cara memasak yang lebih sehat, seperti memilih makanan yang direbus atau dipanggang.

3. Pilih pedagang atau tempat yang dikenal menyediakan makanan yang diolah dengan cara yang higienis dan aman.

4. Pastikan makanan digoreng pada suhu yang tepat dan dalam minyak yang bersih.

5. Pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu panas untuk menghindari pembentukan akrilamida yang berlebihan.

6. Rendam kentang atau bahan lain dalam air dingin sebelum menggoreng untuk mengurangi kadar gula dan menghindari pembentukan akrilamida.

Yuk, lebih bijak lagi dalam membeli gorengan. Akan lebih baik jika kita membuat sendiri di rumah karena sudah terjamin kebersihan dan keamanannya.

 




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp