Kandungan Gizi: Beras Basmati Merah, Beras Basmati Putih, dan Beras Putih Biasa

By. Eka Sari - 11 Oct 2023

Bagikan:
img

hargapabrik.id - Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras untuk kebutuhan pokoknya. Sebagian besar nasi yang kita konsumsi berasal dari beras putih. Beras putih dikenal cukup tinggi karbohidrat dan rasanya manis. Namun dalam satu dekade terakhir, jenis beras lain juga menjadi pilihan pangan utama masyarakat Indonesia, salah satunya adalah beras basmati.

Baca juga: Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Beras Basmati

Beras basmati biasanya disajikan dalam masakan Timur Tengah. Beras basmati juga semakin mudah ditemukan di supermarket. Perbandingan nasi basmati dan nasi putih ditinjau dari tampilan, gizi dan rasa. Apa yang lebih baik untuk dibelanjakan? Apa perbedaan beras basmati dan beras putih? Beras basmati dan beras putih mempunyai perbedaan tampilan yang cukup mencolok. Beras basmati bentuknya lebih panjang dan ramping, sedangkan beras putih bentuknya lebih pendek dan gemuk. Manakah yang lebih sehat, beras basmati atau beras putih? Menurut laporan Live Strong, satu cangkir beras basmati mengandung 210 kalori dan satu gram serat.

Sedangkan satu cangkir beras putih hanya mengandung 205 kalori dan 0,6 gram. Beras basmati juga mengandung lebih banyak protein dibandingkan nasi putih. Kandungan karbohidrat pada nasi ini juga lebih rendah dibandingkan beras putih biasa. Beras basmati dinilai sebagai makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan atau mengendalikan kadar gula darah tinggi. Ada 2 jenis beras basmati, yakni beras basmati merah dan beras basmati putih, jenis beras basmati merah ini dinilai lebih sehat dibandingkan nasi basmati putih dan nasi biasa. Beras basmati merah termasuk dalam makanan gandum utuh seperti oat dan quinoa. Beras basmati merah banyak mengandung serat, vitamin B, zat besi, folat, kalium dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Intip Kandungan Gizi Yang Luar Biasa Dari Beras Hitam

Jenis beras basmati merah ini cocok bagi kamu yang menjalani gaya hidup sehat.  Mana yang lebih baik, beras basmati atau beras putih? Menurut laporan The Spruce Eats, beras basmati terasa lebih enak karena memiliki aroma alami dibandingkan beras putih. Beras basmati juga memiliki butiran yang lebih lembut setelah dimasak. Selain itu, butiran nasinya tidak lengket sehingga mudah dimasak dengan bumbu kari untuk menambah cita rasa. Namun rasa nasi juga tergantung dari kualitas beras dan selera masing-masing orang.

Baca juga: Beras Merah Organik, Beras Lokal Indonesia yang Kaya Akan Manfaat




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp