Nasi Liwet: Kandungan Gizi Dalam Setiap Komponen di Dalamnya

By. Eka Sari - 13 Oct 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Nasi liwet merupakan makanan yang terkenal bagi masyarakat Solo, Jawa Tengah. Faktanya, nasi liwet menjadi salah satu kuliner yang sering dicari wisatawan ketika berkunjung ke kota ini. Nasi liwet yang terkenal di kota ini tidak hanya sekedar enak, namun nilai gizinya cukup sempurna.

Baca juga: Mengintip 10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Profesor Ir. Ahmad Sulaeman, pakar teknologi pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengungkapkan bahwa nilai gizi nasi liwet tidak lepas dari bahan penyusun nasi liwet itu sendiri.

Satu porsi nasi liwet memiliki beberapa komponen. Mulai dari nasi putih, labu siam, santan areh (santan kental). Ada juga topping seperti telur, ayam suwir, kerang, tahu dan tempe. Simak fakta nilai kandungan gizi disetiap komponan Nasi Liwet Solo berikut ini:

1. Karbohidrat dan Lemak pada Nasi Liwet

Seporsi nasi liwet Solo mengandung karbohidrat, yang bersal dari nasi itu sendiri, protein hewani dari daging ayam cincang dan telur. Protein nabati juga berasal dari tempe dan nasi. Kombinasi protein nabati dari nasi dan tempe serta protein hewani dari ayam suwir dan telur menjadikan mutu protein nasi liwet sangat baik.

2. Nasi Liwet Bisa Penuhi Kebutuhan Protein Harian

Selain itu, seporsi nasi liwet memiliki susunan asam amino yang lengkap. Itulah mengapa daya cerna dan nilai biologinya di balik nasi liwet tinggi. Dapat memenuhi kebutuhan protein harian sesuai jumlah yang dikonsumsi. Penambahan tempe dan telur pada nasi liwet juga dapat menjadi sumber asam lemak esensial atau asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) berupa asam lemak omega-6 seperti asam linoleat dan asam lemak omega-3 DHA (docosahexaenoic acid).

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kunyit

Belum lagi kalsium, vitamin D, vitamin B, biotin, fosfor, zat besi, fitosterol atau isoflavon terdapat pada tempe, meski dalam jumlah yang lebih sedikit.

3. Nilai Gizi Nasi Liwet

Nilai gizi dalam seporsi nasi liwet tidak hanya sebatas penjelasan di atas. Namun, bahan pelengkap nasi liwet lainnya, seperti telur, ceker ayam, sayur labu siam, dan tempe, tetap mengandung nilai gizi. Penambahan ceker ayam sebagai isian seporsi nasi liwet dapat menjadi sumber gelatin dan zat gizi lainnya adalah karotenoid yang berasal dari telur sehingga memiliki sifat antioksidan. Tak hanya itu, telur juga mengandung retinol (vitamin A) sehingga baik untuk mata dan kekebalan tubuh.

Baca juga: Untung Besar Dengan Bisnis Olahan Daun Pepaya

4.  Nasi Liwet Juga Memiliki Serat dan Fitokimia

Nasi liwet merupakan salah satu kuliner populer di Solo, Jawa Tengah dan mengandung nilai gizi yang lengkap. Salah satunya adalah banyaknya serat dan fitokimia pada sayuran labu siam dalam seporsi nasi basah. Sayuran labu siam cukup baik dikonsumsi penderita darah tinggi karena mengandung fitokimia yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi bisa dikatakan nasi liwet mengandung nutrisi yang cukup lengkap.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp