5 Olahan dari Tahu Ini, Bisa Dijadikan Bisnis

By. Eka Sari - 19 Oct 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan, alasan lain selain kebutuhan manusia akan makan adalah banyaknya berbagai macam bisnis kuliner yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis. Salah satu contohnya adalah olahan tahu. Tahu merupakan makanan yang berasal dari kacang kedelai setelah melalui beberapa proses. Di Indonesia sendiri, tahu merupakan salah satu makanan pokok selain tempe. Tak heran jika bisnis olahan tahu menjadi peluang bisnis yang menarik untuk dicoba. Berikut adalah beberapa ide olahan dari tahu yang bisa dijdikan ide untuk usaha.

Baca juga: Mengeruk Untung Dengan 10 Menu Street Food Ini! Jarang Ada di Indonesia

1. Abura- Age

Abura-age merupakan makanan Jepang yang terbuat dari olahan tahu. Masakan ini bisa dijadikan ide bisnis. Tahu pong, atau tahu coklat yang bagian dalamnya berlubang, potong  tahu pong menjadi dua dan masak hingga matang.  Kemudian isi dengan nasi kepal, lalu tambahkan sedikit cuka, gula dan garam. Taburi dengan daun bawang dan makan abura satu gigitan sekaligus. Rasanya dijamin enak! Belum banyak orang yang menjual masakan ini, sehingga abura-age bisa menjadi inspirasi bagi mereka yang tertarik dengan tahu sebagai bahan utamanya.

2. Hiyayakko

Masih dari Jepang, hiyayakko merupakan masakan yang terbuat dari tahu dan disajikan dingin. Masakan ini sangat mudah disiapkan, kamu hanya perlu menyiapkan tahu sutera dingin, lalu mie dan kecap. Iris tahu sesuai selera dan taburi dengan daun bawang dan kecap. Makanan siap disantap.

3. Tahu Katsu

Baca juga: Cuan Sehat dengan 7 Ide Bisnis Olahan Tempe

Pernahkah kamu mencicipi ayam katsu? Hidangan masakan khas Jepang yang terbuat dari daging ayam fillet yang dilumuri tepung roti. Selain ayam, bisa juga pakai tahu.  Tahu katsu bisa menjadi salah satu saran untuk memulai bisnis olahan tahu. Tentu saja bagian luarnya renyah seperti chicken katsu dan bagian dalamnya sangat lembut yang berasal dari tahu. 

4. Stik Tahu

Meskipun sekarang kita mengenal stik kentang sebagai camilan yang lezat, bagaimana dengan stik tahu? Stik tahu merupakan salah satu ide bisnis olahan tahu yang menarik. Selain jarang dijual, tahu stik juga memiliki tekstur renyah di luar namun lembut di dalam. Olahan tahu ini bisa dibuat dengan memadukan tahu dengan bahan lain seperti tepung maizena dan bumbu-bumbu. Selanjutnya kamu bisa mencetak tahu dan membentuknya menjadi batangan lalu menggorengnya hingga benar-benar kering. Selain disajikan dengan sambal, tahu stik juga bisa dijadikan lauk.

5. Pancake Tahu

Kedengarannya aneh, bukan? Pancake yang notabene merupakan makanan manis dipadukan dengan tahu yang identik dengan makanan gurih. Namun menu olahan tahu ini sempat menjadi tren sejak beberapa waktu lalu. Selain kombinasinya yang unik, rasanya juga enak. Goreng tahu dengan tepung, sebagai pengganti pancake, lalu siram dengan topping seperti es krim, coklat, kacang-kacangan, dll.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Street Food Ala Korea dari Olahan Kedelai

Berikut daftar ide bisnis olahan tahu yang direkomendasikan untuk kamu pilih. Semoga daftar di atas dapat memberikan inspirasi bagi kamu yang tertarik menjadikan tahu sebagai bisnis utama.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp