8 Jenis Ayam Pedaging di Indonesia, Nomor 1 Paling Banyak di Pasaran

By. Eka Sari - 07 Nov 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Tidak hanya kaya akan sumber daya alam tetapi juga flora dan fauna. Hewan yang ada di Indonesia ada ribuan bahkan jutaan, termasuk ayam.

Ayam merupakan salah satu burung yang paling populer di Indonesia dibandingkan burung lainnya. Alasannya, jenisnya banyak sekali. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui jenis ayam apa saja yang ada di Indonesia. Nah, dalam artikel kali ini akan di bahas apa saja jenis ayam pedaging di Indonesia. Yuk Simak! 8 jenis ayam pedaging terfavorit di Indonesia.

Baca juga: Ayam: Hewan Konsumsi dan Jenisnya di Indonesia

1. Ayam Broiler

Ayam broiler merupakan jenis ayam yang secara khusus dikembangkan dan dipelihara untuk tujuan produksi daging. Mereka dirancang agar tumbuh cepat dan memiliki berat yang lebih besar dalam waktu yang relatif singkat. Mereka diberi makanan yang diformulasikan secara khusus untuk memastikan pertumbuhan yang optimal dalam waktu yang singkat. Karena ditujukan untuk produksi daging, biasanya mereka dipelihara hanya selama beberapa minggu hingga beberapa bulan sebelum dijual untuk tujuan konsumsi manusia.

2. Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super merupakan hasil persilangan antara ayam kampung dan ayam petelur. Keunggulan daging jenis ini adalah memiliki kandungan protein lebih tinggi, lebih sedikit lemak, kolesterol dan kandungan omega-3 lebih tinggi dibandingkan ayam broiler biasa. Meski lebih mahal dan lebih kecil, keunggulan kualitas daging yang tinggi dan ketahanan terhadap penyakit menjadikan ayam kampung menjadi pilihan yang baik bagi konsumen yang ingin mengonsumsi daging ayam yang lebih berkualitas dan sehat.

3. Ayam Hybrid

Ayam hibrida merupakan salah satu jenis ayam yang sering dipilih sebagai ras ayam pedaging terbaik dan terpopuler di Indonesia. Keunggulan ayam hibrida adalah pertumbuhannya cepat, ukuran dan bobotnya besar, sehingga cocok untuk produksi daging ayam. Ayam hibrida juga memiliki daging yang lezat dan empuk. Namun, seperti halnya jenis ayam lainnya, ayam hibrida juga memiliki kekurangan.

Baca juga: Mengenal Sejarah Panjang Ayam

4. Ayam Arab

Keunggulan utama ayam arab adalah dagingnya yang lembut dan rendah lemak. Selain itu, ayam arab tumbuh dengan cepat dan mengubah makanan menjadi daging secara efisien. Namun ayam jenis ini mempunyai kelemahan yaitu bersifat agresif dan sulit dipelihara sehingga memerlukan penanganan  khusus dalam hal pengelolaan dan pemeliharaannya.

5.Ayam Cemani

Ayam ini mempunyai warna bulu yang unik dan dagingnya yang berwarna hitam. Selain itu ayam cemani juga memiliki tekstur yang lembut dan kaya nutrisi. Khasiat ayam cemani adalah rasanya yang lezat, kandungan proteinnya tinggi, dan kandungan lemaknya rendah. Harga ayam cemani relatif mahal dan sulit mendapatkannya, membuat ayam Cemani lebih sering dijadikan hewan peliharaan atau barang koleksi dibandingkan sebagai sumber makanan biasa.

6. Ayam Pelung

Ayam Pelung merupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari daerah Cianjur Jawa Barat. Ayam jenis ini memiliki daging yang tebal dan berlemak sehingga memberikan cita rasa yang nikmat. Selain itu, ayam jenis ini juga mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan ayam pelung juga dijadikan sebagai ayam hias karena bulu dan warna tubuhnya yang menarik.

7. Ayam Bangkok

Ayam ini berasal dari Thailand dan telah lama memiliki penggemar di Indonesia. Salah satu kelebihan utama dari ayam Bangkok adalah rasanya yang enak dan lezat.

8. Ayam Brahma

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Rumahan? Cari Tahu Tipsnya Disini

Ayam jenis ini mempunyai daging yang tebal, lembut dan lezat sehingga sangat cocok dijadikan bahan  masakan panggang yang berkualitas. Selain dagingnya yang berkualitas, ayam jenis ini juga memiliki toleransi yang tinggi terhadap kondisi cuaca buruk seperti panas dan dingin. Hal ini menjadikan ayam Brahma menjadi pilihan yang cocok bagi peternak yang tinggal di daerah dengan iklim yang keras.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp