Ayam: 6 Fakta Menarik

By. Eka Sari - 07 Nov 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id -  Alam sekitar memang selalu menarik untuk dipelajari. Bahkan hal sederhana yang selalu kita lihat sehari-hari, salah satunya termasuk ayam . Kita mungkin mengira ayam adalah makhluk hidup yang biasa-biasa saja. Namun, jangan salah hewan yang sering kita lihat sehari-hari ini ternyata memiliki fakta unik yang jarang kamu ketahui atau malah belum kamu ketahui. Yuk Simak beberapa fakta unik dari ayam.

Baca juga:  Ayam: Hewan Konsumsi dan Jenisnya di Indonesia

1. Lebih Banyak Ayam Daripada Manusia Di Bumi.

Kamu mungkin sudah menebaknya. Sebagai hewan makanan favorit manusia, ayam dipelihara di seluruh dunia. Diperkirakan terdapat 25 miliar ayam di dunia, hampir empat kali lipat jumlah manusia di bumi. Jumlah tersebut tentunya untuk memenuhi kebutuhan daging ayam. Di seluruh dunia, hampir 2.000 ayam disembelih setiap detiknya! Jumlah telurnya tentu saja sangat banyak, ayam betina rata-rata bisa bertelur 300 butir per tahun.

2. Ayam Lebih Pintar Dari Yang Kamu Kira

Jika kita berbicara tentang hewan yang dianggap cerdas, kita mungkin langsung teringat pada monyet, anjing, dan lumba-lumba. Namun jangan salah, ayam bukanlah hewan terpintar di dunia namun mereka lebih pintar dari yang Anda kira. Seekor ayam dapat mengingat dan membedakan wajah lebih dari 100 orang.

Ayam dapat melihat warna seperti manusia dan bahkan mimpinya pun berwarna seperti mimpi kita. Mereka juga dapat berkomunikasi seperti kita, mengeluarkan lebih dari 30 suara berbeda. Ayam mempunyai kemampuan untuk terus menerus melakukan tujuanikasi, yaitu kemampuan untuk mengetahui bahwa suatu benda, meskipun tersembunyi, masih ada.

3.Ayam Adalah Ibu Yang Baik

Ayam dikenal sebagai ibu yang baik. Mereka berkomunikasi dengan keturunannya sebelum menetas dan terkadang anak ayam akan mengeluarkan suara sebagai respon terhadap induknya dari dalam telur!

Sang ibu juga rajin membalik telur hingga 50 kali sehari untuk memastikan seluruh bagian telur tetap hangat. Setelah anak ayam sisi menetas, mereka tidak pernah meninggalkan induknya. Ibu akan meneruskan sebagai ibu yang baik dengan mengajarkan anaknya apa yang boleh dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan dan mereka juga tidak segan-segan menyerang penyusup terbesar untuk melindungi anak-anaknya.

Baca juga:  Mengenal Sejarah Panjang Ayam

4. Punya Sejumlah Kemampuan Unik

Ayam punya sejumlah kemampuan yang unik dan hebat. Misalnya, ayam bisa bernavigasi alias menentukan arah dengan bantuan matahari. Ayam juga bisa melihat sinar UV alias sinar ultraviolet, suatu kemampuan yang gak dimiliki manusia.

Ayam juga punya pendengaran yang bagus, dan mereka bisa memperbaiki pendengaran mereka sendiri. Jika pendengaran mereka mulai berkurang, ayam tinggal menumbuhkan sel pendengaran yang baru hingga kembali ke kondisi nyaris 100 persen. Dan ayam ternyata bisa terbang cukup jauh, dengan rekor terbang selama 13 detik dan mencapai jarak 92 meter.

5. Ayam Hanya Bertelur Satu Kali Sehari

Fakta menarik berikutnya dari ayam adalah mereka baru saja muncul satu kali sehari. Proses pembentukan telur ayam akan memakan waktu sekitar 25 -26 jam. Setelah sel telur dikeluarkan dari ovarium, ia ditangkap oleh embrio germinal, sehingga disini dibutuhkan waktu 15 hingga 18 menit untuk dikirim ke magnum. Pada Magnum akan dikeluarkan putih telurnya yang bertahan kurang lebih 3 jam. Setelah sel membran terbentuk, sel telur memasuki rahim untuk membentuk cangkang. Dalam waktu yang paling lama, sekitar 20 hingga 21 jam. Sel telur kemudian masuk ke dalam vagina dan dikeluarkan melalui kloaka.

6. Ayam Akan Selalu Bertelur Tanpa Ada Pejantan Yang Membuahinya

Hal yang menarik dari ayam ini adalah masih banyak orang yang salah paham. Mereka percaya bahwa ayam betina akan bertelur jika dihamili oleh pejantan. Namun, nyatanya tidak selalu dibuahi ayam bisa bertelur lho.

Bedanya hanya terletak pada jenisnya, kalau ayam yang tidak dibuahi oleh pejantan maka akan menjadi telur infertil (telur konsumsi), sedangkan telur yang dibuahi oleh pejantan akan menjadi telur steril yang bisa menetaskan ayam lagi.

Baca juga:  8 Jenis Ayam Pedaging di Indonesia, Nomor 1 Paling Banyak di Pasaran

Nah, itulah 6 fakta menakjubkan tentang ayam yang mungkin baru kamu tahu. Gimana, ternyata hewan yang biasa kita lihat seperti ayam pun punya sejumlah fakta menarik bukan? Jadi yuk kita terus pelajari alam sekitar kita yang menarik ini.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp