7 Potensi Bisnis Budidaya Ayam Broiler

By. Eka Sari - 07 Nov 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id -  Ayam broiler atau ayam pedaging merupakan ras ayam kelas atas yang dibiakkan dari ras ayam dengan hasil tinggi, terutama dalam produksi daging ayam. Ayam pedaging merupakan hasil persilangan dan sistem berkelanjutan sehingga dapat dikatakan kualitas genetiknya baik.

Baca juga:  Ayam Broiler dan Karakteristiknya Yang Harus Diketahui

Ayam broiler merupakan ternak yang paling ekonomis dibandingkan dengan ternak lainnya, keunggulannya adalah laju pertumbuhan/keluaran dagingnya relatif cepat dan singkat atau sekitar 4 sampai 5 minggu produksi daging dapat diberikan untuk dipasarkan atau dikonsumsi.

Keunggulan ayam broiler antara lain pertumbuhan yang sangat cepat dengan bobot badan yang tinggi dalam waktu yang relatif singkat, konversi pakan yang rendah, kesiapan dipotong pada usia muda, dan produksi daging yang empuk dan kualitas berserat. Berikut ini beberapa peluang bisnis peternakan ayam broiler yang potensial:

1. Permintaan Pasar Yang Tinggi, Ayam broiler banyak diminati karena pertumbuhannya yang cepat, produksi daging yang tinggi, dan tekstur daging yang empuk. Permintaan ayam broiler didorong oleh semakin banyaknya usaha kuliner, restoran, dan warung makan yang membutuhkan pasokan daging ayam dalam jumlah besar.

2. Produksi Skala Besar, Ayam broiler biasanya dibeli dalam jumlah banyak sehingga cocok untuk produksi skala besar. Hal ini memungkinkan petani memperoleh manfaat dari skala ekonomi dan meningkatkan keuntungan mereka.

Baca juga:  8 Jenis Ayam Pedaging di Indonesia, Nomor 1 Paling Banyak di Pasaran

3. Laju Pertumbuhan Cepat, Ayam broiler memiliki laju pertumbuhan yang cepat dan dapat mencapai berat 2 kg hanya dalam waktu 4-5 minggu. Siklus produksi yang pendek ini memungkinkan petani dengan cepat menghasilkan keuntungan dan meningkatkan kapasitas produksinya.

4. Arus Kas Yang Tinggi, Siklus produksi ayam broiler yang pendek menghasilkan arus kas yang tinggi, karena peternak dapat menjual produknya dan melemparkan kembali keuntungannya dalam jangka waktu yang relatif singkat.

5. Mudah Dipelihara, Ayam broiler relatif mudah dipelihara sehingga cocok untuk peternak berpengalaman maupun pemula. Ayam ini memiliki tingkat konversi pakan yang tinggi, yang berarti ayam ini membutuhkan lebih sedikit pakan untuk menghasilkan satu kilogram daging dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

6. Cocok Untuk Iklim Indonesia, Ayam broiler yang sensitif terhadap suhu dan kelembapan, dan iklim tropis Indonesia memberikan kondisi optimal untuk pertumbuhannya.

Baca juga:  Mengenal Sejarah Panjang Ayam

7. Potensi Pengembangan Usaha, Industri ayam broiler di Indonesia masih terus berkembang, dan terdapat peluang bagi peternak untuk memperluas usahanya dan menjalin kemitraan dengan pelaku industri lainnya, seperti pemasok pakan, pembenihan, dan pabrik pengolahan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp