Apakah Aman Makan Ayam Setiap Hari? Cek Jawabnya Disini

By. Eka Sari - 08 Nov 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Daging ayam secara luas dianggap sebagai salah satu jenis protein yang paling serbaguna. Memang benar bahwa orang cenderung menggunakan ayam dalam banyak olahan makanan. Selain mudah disiapkan, ayam juga termasuk daging tanpa lemak yang paling disukai untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: 4 Potensi Bahaya Jika Terlalu Sering Konsumsi Ayam Broiler

Ayam mengandung banyak protein dengan sedikit lemak dibandingkan daging merah. Meskipun ayam dikenal sebagai salah satu daging sehat selain ikan, para ahli gizi melarang untuk mengonsumsinya setiap hari. Terlalu banyak ayam juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Berikut beberapa potensi bahaya yang terkait dengan makan ayam setiap hari.

1. Kadar Kolesterol Yang Tinggi, Makan terlalu banyak ayam dapat menyebabkan kadar kolesterol lebih tinggi, yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. Ayam broiler juga mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Risiko Keracunan, Terlalu banyak makan ayam juga dapat menyebabkan risiko keracunan, terutama jika daging ayam tidak diolah atau dimasak dengan benar.

3. Kenaikan Berat Badan, Ayam mengandung protein tinggi, dan makan terlalu banyak protein dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan peningkatan kadar lipid darah.

4. Kontaminasi Bakteri, Menangani ayam mentah atau tidak memasak daging ayam dengan benar dapat menyebabkan kontaminasi bakteri seperti Salmonella dan Campylobacter, yang dapat menyebabkan infeksi dan gangguan pencernaan.

Baca juga: 3 Kelebihan dan Kekurangan Konsumsi Daging Ayam Broiler Bagi Kesehatan

Untuk mengurangi potensi bahaya konsumsi ayam setiap hari, lakukan hal berikut.

1. Konsumsi Dalam Porsi Yang Seimbang, Idealnya, sekitar 10 hingga 35 persen asupan kalori harian harus terdiri dari protein. Pastikan untuk memperhatikan asupan protein dan mengonsumsi ayam dalam porsi yang seimbang.

2. Pilih Ayam Yang Sehat Dan Segar, Pilih ayam yang sehat dan segar untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri.

3. Olah Dan Masak Ayam Dengan Benar, Olah dan masak daging ayam dengan benar, pastikan daging ayam matang sempurna dengan suhu internal minimal 75 derajat Celsius untuk membunuh bakteri yang mungkin ada.

Baca juga: Tidak Hanya Tebal dan Empuk, Ini Dia Kelebihan Ayam Broiler

Dengan mengikuti tips di atas, konsumsi ayam dapat dilakukan dengan aman dan terhindar dari potensi bahaya yang terkait dengan konsumsi berlebihan atau tidak tepat.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp