5 Alasan Ini Menjadikan Bisnis Olahan Ayam

By. Eka Sari - 09 Nov 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Usaha makanan berbahan baku ayam banyak digemari masyarakat. Olahan ayam yang mudah dibuat dan cepat penyajiannya menjadi pilihan sebagian masyarakat dalam memulai bisnis. Bisnis olahan masakan ayam bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Karena hidangan ini digandrungi oleh banyak kalangan masyarakat di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Ayam Turut Menyumbang Inflasi di Indonesia

Salah satu peluang masakan olahan ayam yang paling banyak dicari kaum milenial saat ini adalah ayam geprek. Masakan ayam ini merupakan salah satu masakan yang terkenal dengan sambal pedasnya yang nikmat. Rasa sambal yang lezat dan berlemak menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta makanan pedas. Perpaduan rasa ayam goreng yang renyah dan sambal yang kaya rasa pedas menghadirkan pengalaman memuaskan bagi banyak orang.

Bisnis olahan masakan ayam menjadi salah satu ide jualan yang menjanjikan, berikut beberapa alasan mengapa bisnis makanan berbahan dasar ayam cukup menjanjikan di industri kuliner.

1. Permintaan Tinggi

Makanan berbahan dasar ayam populer di berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ayam juga merupakan daging yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia setelah daging sapi. Oleh karena itu, usaha yang menjual makanan berbahan dasar ayam mempunyai potensi pasar yang besar.

2. Bahan Baku Terjangkau

Ayam merupakan bahan baku yang relatif terjangkau dan mudah didapat di Indonesia. Hal ini dapat membantu bisnis mengelola biaya produksi secara efisien dan meningkatkan profitabilitasnya.

Baca juga: 7 Hal Yang Mempengaruhi Tingginya Permintaan Daging Ayam di Indonesia

3. Menu Serbaguna

Makanan berbahan dasar ayam memiliki beragam pilihan menu yang dapat dimodifikasi dan diinovasi untuk menciptakan masakan yang unik dan menarik. Hal ini dapat membantu bisnis menarik pelanggan dan membedakan dirinya dari pesaing.

4. Potensi Keuntungan Tinggi

Bisnis makanan berbahan dasar ayam berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi. Misalnya omzet usaha ayam penyet yang bisa mencapai Rp1,8 juta per hari. Selain itu, pelaku usaha dapat memperluas operasionalnya dengan membuka gerai tambahan atau bermitra dengan pihak lain.

5. Keakraban dan Penerimaan

Makanan berbahan dasar ayam merupakan makanan yang sederhana dan familiar bagi banyak masyarakat di Indonesia. Sehingga mudah diterima oleh konsumen dan dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Tingginya permintaan, bahan baku yang terjangkau, menu yang serbaguna, potensi keuntungan yang tinggi, serta keakraban dan penerimaan pangan berbahan dasar ayam di kalangan konsumen menjadikannya peluang bisnis yang menjanjikan di Indonesia.

Baca juga: Kaitan Daging Ayam dan Penduduk Indonesia

Namun, seperti bisnis lainnya, ada risiko yang perlu dipertimbangkan, seperti fluktuasi harga bahan baku, persaingan pasar, regulasi pemerintah, serta faktor-faktor lingkungan. Sebelum memulai bisnis, penting untuk melakukan analisis pasar, rencana bisnis yang matang, dan mempertimbangkan faktor risiko yang mungkin terjadi.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp