Strategi Memulai Bisnis Olahan Ayam Yang Jitu dan Efektif

By. Eka Sari - 09 Nov 2023

Bagikan:
img

anekarasa.co.id - Meski banyak bermunculan usaha olahan ayam saat ini. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat beberapa pengusaha ayam goreng baru untuk terus berkembang dan membuka usahanya.

Namun untuk bisa maju tanpa hambatan dan mencapai keuntungan yang diinginkan, tentunya diperlukan strategi bisnis olahan ayam, seperti menghitung modal usaha. Strategi bisnis ini nantinya akan menjadikan bisnismu kokoh di tengah ketatnya persaingan bisnis yang terjadi saat ini.

Baca juga: 5 Alasan Ini Menjadikan Bisnis Olahan Ayam

Apakah kamu berencana memulai bisnis olahan ayam? Sekarang, mari kita lihat beberapa strategi yang bisa dikamulkan untuk membantu bisnis olahan ayam kamu laku di pasaran di bawah ini:

1. Identifikasi Segmen Pasar

Identifikasi konsumen yang akan menjadi sasaran. Ide bisnis olahan ayam yang akan kamu bangun dan kembangkan harus sesuai dengan konsep segmentasi pasar. Jika kamu berniat berbisnis street food olahan ayam tentu target konsumen kamu adalah orang-orang yang tingkat ekonominya rata-rata ke bawah dan pada umumnya penentuan tempat atau lokasi yang akan dijadikan lokasi berjualan adalah di pusat-pusat sibuk seperti dekat pusat perbelanjaan, dekat jalan raya, stasiun kereta api, stasiun kereta api dan di komplek perumahan. Perlengkapan yang digunakan juga cukup sederhana sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk memindahkannya nantinya.

2. Meningkatkan Kualitas Manajemen

Manajemen bisnis ayam goreng yang baik akan menunjukkan bahwa kamu adalah pebisnis yang dapat dipercaya dan memiliki kualitas yang dapat dibanggakan. Oleh karena itu, kamu tetap perlu menerapkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan bisnis.

3.Mengutamakan Citra Rasa dan Kualitas

Citra rasa dan kualitas sangatlah penting terutama bagi kamu yang sedang membuka bisnis di bidang kuliner. Karena jika semua faktor tidak berjalan dengan baik dan berkesinambungan maka semuanya juga tidak akan membuahkan hasil yang positif. Seperti manajemen bisnis yang baik, namun citra rasa masih di bawah standar. Maka semuanya tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan menjadi sia-sia.

4. Meningkatkan Nilai Khas dalam Menu Olahan Ayam

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Ayam Turut Menyumbang Inflasi di Indonesia

Ayam merupakan salah satu hidangan yang bisa dinikmati hampir semua orang, kecuali para vegetarian. Oleh karena itu, kreativitas dan inovasi menjadi kunci utama dalam sektor olahan ayam. Kreativitas yang disebutkan bisa dalam aspek rasa, seperti penyajian ayam sambal pedas, rasa yang unik, atau cara memanggang sambal yang sedang tren saat ini. Ayam juga bisa disantap dengan kentang goreng atau lauk pauk untuk menambah nafsu makan.

5. Buat Tempat Makan yang Unik

Yang tak kalah penting adalah kenyamanan tempatnya. Jika ingin berjualan ayam sambal pedas, pastikan suhu ruangan sejuk atau terdapat kipas angin agar pengunjung tidak berkeringat karena rasa pedasnya. Kamu juga harus jeli melihat apa saja yang sedang populer di pasaran, termasuk tempat makan yang nyaman, tempat makan yang Instagrammable bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk menarik pengunjung agar mau mengunggahnya ke media sosial.

6. Siapkan Konten Promosi

Baca juga: 7 Hal Yang Mempengaruhi Tingginya Permintaan Daging Ayam di Indonesia

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik offline maupun online. Secara offline, kamu dapat membuat banner atau papan dengan gambar dan kata-kata yang menarik. Secara online, kamu bisa mempromosikannya di media sosial. Namun sebelum itu, kamu juga perlu memiliki slogan yang dapat diterima oleh masyarakat.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp